Gambar di atas menunjukkan bahwa dari n=103 responden , n=41 orang (40%) alumni bekerja di Puskesmas, n=24 orang (23%) bekerja Klinik, dan n=21 orang (20%) bekerja di Rumah Sakit pemerintah maupun Swasta. Alumni Program Studi DIII Kebidanan bekerja di Puskesmas wilayah Kalimantan Selatan dan juga Kalimantan Tengah dna juga bekerja di Rumah Sakit Pemerintah Seperti RSUD Ulin Banajrmasin, RS Rati Zalecha, RS Pelita Insani, RS H.badaruddin kasim, RS TPT Dr. Soeharsono, dll. Alumni Program Studi DIII Kebidanan juga bekerja di Klinik Kesehatan swasta di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan tengah serta kalimanatan Timur.


Gambar di atas menunjukkan bahwa dari n=101 responden yang telah bekerja , n=44 orang (44%) alumni bekerja di sektor swasta, n=52 orang (53%) bekerja di sektor pemerintah yang berstatus PNS maupun tenaga kontrak/Honorer, dan sisanya n=4 orang (4%) alumni berwirausaha secara mandiri.

Berdasarkan data diatas menunjukan sebesar n= 43 orang atau sebesar 42,6% alumni bekerja sebagai karyawan swasta di Rumah Sakit ataupun Klinik Swasta dan juga Praktik Mandiri Bidan dan sebesar n=41 orang atau sebesar 40,6% sebagai tenaga kontrak/honorer pada instansi pemerintah seperti Puskesmas dan Rumah Sakit dan terdapat n=6 orang atau  5,9% alumni sebagai PNS. Hal tersebut menunjukan alumni telah bekerja sebagai karyawan tetap pada instansi swasta.

Berdasarkan data diatas menunjukan alumni AKBID Sari Mulia pada wilayah kalimantan selatan n =87 orang atau 86%, dan terdapat n=14 orang atau 14% bekerja pada instansi nasional dan belum terdapat alumni yang berkerja pada tingkat internasional pada lulusan tahun 2017.
Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa alumni AKBID Sari Mulia n=132 bekerja sesuai dengan keahliannya sebanyak n=93 orang (92%), dan yang tidak sesuai dengan bidang keahliannya sebanyak n=8 orang (8%). Ketidaksesuai pekerjaan alumni disebakan alumni bekerja pada bidang umum non kesehatan dan juga pada bidang kecantikan.

Gambar diatas memperlihatkan bahwa alumni Program Studi DIII Kebidanan Sari Mulia unggul dalam pelayanan KB n=90 orang (87,4%), mereka unggul dalam pelayanan ANC dan juga INC dengan katagori sangar baik n =87 (84,5%). Namun dari kompetensi yang dinilai unggul, ternyata masih ditemukan kompetensi alumni yang perlu untuk dioptimalkan, yaitu kemampuan dalam menggunakan Bahasa Inggris masih terdapat n=5 orang (4,9%) menyatakan kemampuan bahasa inggris dalam katagori cukup.

Rata-rata masa tunggu alumni untuk mendapatkan pekerjaan dari  n= 103 orang rata-rata adalah 2,8 bulan atau 3 bulan. Dengan jabaran sebagai berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *