Gambar di atas menunjukkan bahwa dari n=135 responden , n=38 orang (28%) alumni bekerja di BPS/Klinik, n=36 orang (27%) bekerja diPuskesmas, dan n=19 orang (19%) bekerja di Rumah Sakit.
Alumni AKBID Sari Mulia bekerja diwilayah kalimantan selatan maupun kalimantan tengah, terdapat alumni yang bekerja di Rumah Sakit Pemerintah seperti RSUD Sultan Suriansyah, RSUD H.Boejadsin Pelaihari, Rumah Sakit Bersalin Ainun Pelaihari, Rumah Sakit dr R.Soeharsono, Rumah Sakit Pelita Insani,, RS Ratu Zalecha Martapura, RSIA Yasmin, RSUD Brigjen H.Hasan Basri Kandangan. Alumni AKBID Sari Mulia juga banyak yang bekerja di Puskesmas yang tersebar di wilayah Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Tengah baik sebagai PNS maupun tenaga kontrak. Alumni AKBID Sari Mulia juga ada bekerja di Instansi Pendidikan yaitu Universitas Sari Mulia dan AKBID Bina Banua Husada. Alumni AKBID Sari Mulia juga aktif dalam kegiatan kewirausaan seperti pada hasil data diatas terdapat

Gambar di atas menunjukkan bahwa dari n=135 responden , n=85 orang (63%) alumni bekerja di sektor swasta, n=47 orang (35%) bekerja di sektor pemerintah yang berstatus PNS maupun tenaga kontrak, dan sisanya n=4 orang (2%) belum bekerja. Instansi tempat kerja alumni terdiri dari Rumah Sakit yang telah terakreditasi seperti RSUD Ratu Zalecha yang telah terakreditasi Kars Paripurna, RSUD Sultan Suriansyah merupakan rumah sakit Kota Banjarmasin, RSUD Brigjen H.Hasan Basri Kandangan sebagai rumah sakit kabupaten dengan akreditasi Paripurna, Rumah Sakit Dr. H. R Soeharsono yang merupakan rumah sakit milik TNI di Banjarmasin, dan lain-lain.
Status Pekerjaan

Berdasarkan data diatas menunjukan sebesar n=72 orang atau sebesar 53% alumni bekerja sebagai karyawan swasta dan sebesar n=45 orang atau sebesar 33% sebagai tenaga kontrak dan terdapat n=4 orang atau 3% alumni sebagai PNS. Hal tersebut menunjukan alumni telah bekerja sebagai karyawan tetap pada instansi swasta.

Berdasarkan data diatas menunjukan alumni AKBID Sari Mulia pada wilayah kalimantan selatan n =113 orang atau 84%, dan terdapat n=19 orang atau 14% bekerja pada instansi nasional dan belum terdapat alumni yang berkerja pada tingkat internasional.

Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa alumni AKBID Sari Mulia n=132 bekerja sesuai dengan keahliannya sebanyak n=120 orang (91%), dan yang tidak sesuai dengan bidang keahliannya sebanyak n=12 orang (9%).


Pada gambar diatas menunjukan kemampuan alumni AKBID Sari Mulia dalam berfikir kristis menunjukan angka yang baik pada kemampuan berfikir kritis dengan jumlah n=104 (77%) namun juga amsih terdapat alumni yang menyatakan dalam katagori cukup dengan jumlah n=8 (5,9%)

Pada gambar diatas menunjukan ternyata masih ditemukan kompetensi alumni yang perlu untuk dioptimalkan, yaitu kemampuan dalam menggunakan Bahasa Inggris n=10 orang (7,4%) alumni masih menyatakan kemampuan bahasa ingggis dalam katagori cukup.

Gambar diatas menunjukan kemampuan alumni AKBID Sari Mulia dalam katagori baik yang dtunjukan dengan sebanyak n=97 alumni menyatakan kemampuan kewirausahaannya baik.

Gambar diatas memperlihatkan bahwa alumni AKBID Sari Mulia unggul  dalam memberikan asuhan pemberian imunisasi =103 (76,3%), dan mampu memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi=101 (74,8%) dengan sangat baik baik.

Tabel diatas menunjukan alumni AKBID Sari Mulia dapat diterima dengan Baik di dunia kerja yang ditunjukan dengan masa tunggu alumni AKBID Sari Mulia dalam mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus adalah sebesar 97% dalam waktu ≤ 3 Bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *